Posted by Sigit on February 3, 2010

8 HINGGA 10 FEBRUARI 2010 POSITIF PELAKSANAAN ROBO-ROBO

dok.rri
dok.rri

Ritual robo-robo yang merupakan bagian dari napak tilas kedatangan pendiri keraton amantubillah yang dilaksanakan setiap rabu akhir dibulan safar tahun ini penyelenggaraannya akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 10 februari 2010.

Wakil ketua panitia napak tilas kedatangan opu daeng menambon dari keraton amantubillah-syaiful ansari pada keterangan pers kemarin mengatakan saat ini persiapan menjelang penyelenggaraan napak tilas opu daeng manambon telah memasuki tahapan koordinasi dengan 2 panitia lainnya.

Jika dipersentasekan telah mencapai 70 persen.untuk pelaksanaannya kabupaten pontianak membentuk 3 panitia berbeda panitia keraton pemda dan dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten pontianak.Lebih lanjut syaiful ansari menambahkan untuk ritual robo-robo dipastikan akan diramaikan pula oleh kerabat dekat opu daeng manambon yang berada di singapura selangor dan brunai darussalam. Serangkaian kegiatan pendukung pelaksanaan napak tilas inipun/ telah rampung disusun. 

Beberapa diantaranya seperti kirap pusaka ziarah ke makan opu daeng manambon makan saprah hingga napak tilas kedatangan opu daeng manambon ke kota mempawah.Sementara itu kepala dinas kebudayaan dan pariwisata-disbudpar provinsi kalbar-kamaruzzaman mengatakan meskipun ritual robo-robo menjadi agenda tahunan dan merupakan salah satu objek budaya di kalbar namun pelaksanaannya ditahun lalu masih terdapat koreksi.Beberapa diantaranya yakni komunikasi dan koordinasi ditingkat provinsi yang kurang dan kurang tertibnya lalu lintas disekitar lokasi pelaksanaan napak tilas.

 

Kamaruzzaman mengatakan disbudpar provinsi kalbar dalam waktu dekat akan mengakomodir penyebaran brosur mengenai even napak tilas opu daeng manambon di bandara supadio sebagai pintu kedatangan wisatawan. Yang nantinya akan ditempatkan di counter tourism information centre. Launching album perdana raja ke 13 keraton amantubillah mempawah- ratu mardan adijaya yang keseluruhannya merupakan ciptaannya.dan sebagian besar bertemakan tentang makna tanah kelahiran bagi generasi muda dizaman modern.(redno mandasari_rri)