Posted by Sigit on October 4, 2009

DAK TAHUN 2009 FOKUS FISIK SEKOLAH

Melalui SK Walikota Pontianak 3 Juli 2009` telah dialokasikan dana penunjang pendidikan sebesar 17, 2 milyar rupiah, untuk 77 Sekolah Dasar, baik negeri maupun swasta. Dana yang diperuntukkan untuk perbaikan infrastruktur pendidikan SD tersebut, berasal dari 2 sumber yakni  kucuran dari pemerintah pusat melalui DAK pendidikan yang dianggarkan dalam APBN sebesar 15 milyar, serta dana pendamping dari APBD tahun 2009 sebesar 2,9 milyar rupiah.

 

Dikonfirmasi` mengenai mekanisme penyaluran DAK pendidikan tahun 2009“, sekretaris dinas pendidikan kota Pontianak Musa mengatakan` dana yang dibagikan kepada setiap SD nilainya bervariasi, tergantung tingkat kebutuhan dan kondisi masing – masing sekolah. Dirinya mengakui dana bantuan yang diberikan pada tahun ini, berbeda jika dibandingkan tahun lalu, dimana setiap SD menerima jatah yang sama, sebesar 250 juta rupiah.

 

Menyangkut penetapan jumlah bantuasing – masing sekolah, dirinya menyatakan berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan dinas pendidikan dengan memanfaatkan jasa konsultan.Selain itu` sekretaris dinas pendidikan kota Pontianak Musa, mengatakan, jika alokasi anggaran pendidikan tahun 2009` lebih difokuskan untuk perbaikan bangunan fisik sekolah.  

Berbeda dengan alokasi anggaran tahun sebelumnya, yang masih menyisihkan sebagian untuk kebutuhan non fisik. Menurut rencana anggaran non fisik` seperti program kegiatan belajar mengajar di luar sekolah, maupun kegiatan ekstra kokurikuler siswa, kembali diakomodir dalam anggaran pendidikan tahun 2010 mendatang.(boyke sinurat_rri)